Sikap Penanganan yang Tepat saat Anak Demam

Sikap Penanganan yang Tepat saat Anak Demam

Ilustrasi (Depositphotos. com)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Bunda pasti bingung ketika si kecil terserang hangat. dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan  demam bukanlah sebuah penyakit, memperbedakan sebuah gejala dari adanya semacam penyakit.

“Demam adalah suatu tanda kalau tubuh kita sedang melawan keburukan oleh karenanya jangan langsung tegang jika anak kita mengalami hangat, ” terang dr Reisa Broto Asmoro ketika menjadi pembicara dalam acara ‘Talkshow Parenting: 101 Perawatan Bayi’ di Jakarta beberapa periode lalu.

Mengamini pernyataan dr. Reisa, Riescha Puri Gayatri, parenting influencer sekali lalu penulis buku 101 Perawatan budak mengatakan bahwa ada beberapa jalan yang bisa dilakukan ibu kurun si kecil demam.

“Pertama, kasih minum. Anak yang demam sensitif dehidrasi sehingga ibu harus selalu menyediakan air kala si mungil demam. Kedua, jangan menyelimuti atau mengenakan pakaian tebal pada budak yang sedang demam karena akan membuat anak sumuk dan kepanasan. Ketiga, kompres dengan air rapat dan keempat, kita bisa memakai teknik Kangaroo Mother Care dalam mana ibu menerima panas dari tubuh anaknya melalui kontak skin to skin, ” papar Riescha.

dr. Reisa Broto Asmoro menambahkan, bila si kecil mengalami panas yang cukup tinggi,   ibu diperkenankan untuk memberi obat penurun panas.

“Kalau misal demamnya sudah terlalu tinggi hingga anak tidak bisa beraktivitas normal maka saya sarankan untuk minum obat penurun panas pantas takaran yang dianjurkan oleh tabib atau yang ada di petunjuk pemakaian. Namun, bagi anak dengan memiliki riwayat kejang-kejang, maka jika demamnya mencapai 39 derajat Celcius maka harus langsung diberi obat penurun panas. Jika tak membaik, bawa ke dokter, ” masukan dr. Reisa.

Rekomendasi